Sea Games 2011 | 26th Sea Games Indonesia 2011 | Inilah Logo Sea Games 2011

Sea Games 2011 | 26th Sea Games Indonesia 2011 | Inilah Logo Sea Games 2011, Pesta Olahraga Asia Tenggara Ke-26 sebentar lagi akan bergulir di tahun 2011. Dan Indonesia mendapat kehormatan sebagai tuan rumah berlangsungnya pesta olahraga akbar se-Asia Tenggara itu.

Komite Olimpiade Indonesia (KOI) memutuskan 26th SEA Games 2011 akan tetap digelar di empat kota, yaitu Jakarta, Semarang, Bandung, dan Palembang. Keputusan ini mengacu kepada surat Keputusan Presiden (Keppres) yang telah menetapkan hal tersebut.

Menurut Ketua KOI, Rita Subowo, ada usulan dari berbagai pihak agar tuan rumah dipusatkan di satu kota untuk menghemat biaya. Namun KOI berjanji panitia penyelenggara akan bekerja sebaik mungkin agar penggunaan dana tepat sasaran meski dilakukan di empat kota.

Ia juga mengemukakan kemungkinan setiap daerah untuk menonjolkan kekhasan daerahnya di  26th SEA Games 2011 nanti. ''Misalnya Jawa Tengah ada Borobudur, Jawa Barat dengan Gedung Sate, Jakarta dengan Monas-nya dan Palembang yang memiliki Jembatan Ampera,'' kata Rita seusai 'SEA Games Federation Council Meeting' di Jakarta, Ahad (30/5).

Indonesia melakukan lobi terhadap delegasi negara peserta untuk menyelenggarakan cabang olahraga tambahan seperti paragliding, panjat tebing, roller skate, bridge, futsal dan soft tennis. Total akan ada 41 cabang olahraga yang dipertandingkan.

''Kami gembira bahwa apa yang kami usulkan bisa diterima oleh anggota delegasi Council Meeting. Kami mengusulkan keenam cabang olahraga itu, yang satu di antaranya (paragliding) merupakan cabang baru,'' ungkap Rita.

Rita mengatakan, pertemuan tersebut dihadiri seluruh para petinggi negara-negara Asia Tenggara, kecuali Timor Leste. Dari delegasi itu juga muncul usulan untuk mempertandingkan cabang tradisional seperti muay, arnis, hoki, netball, petanque, triathlon, vovinam dan kriket.













Ini Maskotnya Gan !