Teknologi | Inggris Bikin Eskalator Ala Jepang

Teknologi | Eskalator biasa hanya muncul dari atas ke bawah, atau sebaliknya. Namun, revolusi terbaru menunjukkan desain menakjubkan eskalator masa depan. Seperti apa?

Tangga berjalan ini bernama Levytator, berasal dari nama penemu yaitu Jack Levy, profesor teknik mesin di City University, London. Ini merupakan eskalator pertama di dunia yang mampu mengikuti bentuk bebas kurva.

Eskalator tersebut juga dikenal dengan nama ‘Sushi-Lator’ karena memiliki model kurva atau melengkung yang menyerupai ban berjalan. Ini sering digunakan di berbagai restoran Jepang.

Bentuk melengkung itu memungkinkan tangga berjalan memutar, menekuk dan berbelok di sudut-sudut dalam lingkaran yang bergerak terus menerus, meskipun pengguna berada di atas tangga.

Ini berarti semua arsitek dapat membuat eskalator dalam bentuk apapun, seperti apa yang mereka inginkan. Ini bisa memiliki desain standar mirip eskalator di pusat perbelanjaan atau malah desain unik.

Popularitas eskalator tersebut sangat tinggi setelah video YouTube menarik perhatian 230 ribu khalayak sejak diunggah (upload) september lalu.

Faktor keselamatan merupakan hal penting yang sangat diperhatikan Levy. Karenanya, Levytator tidak memiliki celah antara tangga dan dinding di mana orang atau apapun bisa mengalami celaka.
Desain Levy telah dipatenkan di Inggris, Eropa, AS dan China. Alat ini akan mulai dimanfaatkan di pusat perbelanjaan beberapa tempat di seluruh dunia mulai pertengahan 2012.